Liburan Murah Mudah di Hong Kong
Hello Guys,
This is my very first travelling blog, enjoy!
Hong Kong
Kota kecil di Asia yang maju pesat dan terkenal dengan view laut? Yup....HongKong! Nah, pas dapat kesempatan ke sana,
yuhuuu hepi banget. Dan perjalanan kali ini kita sepakat membentuk team TLB alias Traveller Low Budgeting, jadi deehhh
pengalaman nan seru dan deg-degan di
negeri orang tanpa guide. Hahahahahaha...
Btw, perjalanan ini sudah lewat beberapa waktu jadi maklum kalo banyak rincian terlupakan. :p
Perjalanan kita dari Kuala Lumpur - HK, waktu itu dapat promo tiket murah, ga sampe Rp 500.000,- (ehmm, sekali lagi misi TLB). dari KL flight pagi ke HK memakan waktu sekitar 4 jam.
First impression sampai bandara HK adalah WOW! Amaze banget dengan view laut di kiri kanan landasan ketika pesawat landing, HK dengan geografi (mostly) daerah peninsula emang mengagumkan!
Btw, saya lampirkan itinerary kita di HK (haturkan terima kasih kpd rekan saya yang sudah siapin ^o^ thumbs up!).
Btw, perjalanan ini sudah lewat beberapa waktu jadi maklum kalo banyak rincian terlupakan. :p
Perjalanan kita dari Kuala Lumpur - HK, waktu itu dapat promo tiket murah, ga sampe Rp 500.000,- (ehmm, sekali lagi misi TLB). dari KL flight pagi ke HK memakan waktu sekitar 4 jam.
First impression sampai bandara HK adalah WOW! Amaze banget dengan view laut di kiri kanan landasan ketika pesawat landing, HK dengan geografi (mostly) daerah peninsula emang mengagumkan!
Btw, saya lampirkan itinerary kita di HK (haturkan terima kasih kpd rekan saya yang sudah siapin ^o^ thumbs up!).
![]() |
Day 2 HongKong
|
Avenue of Star
Next destination adalah Avenue of Star, tempatnya ya seperti waterfront gitu deh. Night view nya seru. AoS ini letaknya dekat Tsim Sha Tsui, tinggal jalan kaki jika Anda tinggal di sekitar sini. Foto sepuasnya deh for free! hehehe...
The Peak / Victoria Peak
(Chinese 太平山) is a mountain in the western half of Hong Kong island. The Peak merupakan gunung tertinggi di HongKong. Nikmati pemandangan gedung-gedung dan view laut dari ketinggian 552m (1,811 feet) jadi unforgettable moment.
Perjalananan menuju The Peak menggunakan ferry (Star Ferry Pier Kowloon) menuju Wan Chai Pier. (note : posisi kita di Tsim Sha Tsui)
Untuk biaya bisa check di:
http://www.starferry.com.hk/en/Fares
Untuk biaya bisa check di:
http://www.starferry.com.hk/en/Fares
How to get there?
- Dengan bus 15C dari Central Pier 8 atau jalan ke MTR Central Station Exit J2 untuk naik Peak Tram
- Bus 15 dengan Exchange Square (dekat MTR Station Exit D)
- Minibus 1 dari Public Transport Interchange di MTR Hongkong Station, Exit E
The Peak Tower memiliki 7 lantai di dalam gedung dengan lantai ke 8 yaitu teras yang super luas dan bangunan membentuk seperti kuali ini langsung menghadap ke Victoria Harbour. Sayangnya sering banget kabut menutupi pandangan, sehingga pemandangan kurang maximal.
Usahakan pilih hari yang cerah deh, supaya puas nikmatin pemandangan dari The Peak. Berhubung daerah gunung, sering banget ujan, dan kalo ujan anginnya kenceng!! Awal kita pergi masih cerah berangsur-angsur jadi mendung dan badai. Terpaksa area view Lt.8 The Peak ditutup dan semua pengunjung pun harus patuh turun. :(
| Dokumen Pribadi |
![]() |
| The peak Tower - front view (source: google) |
![]() |
| The Peak Tower - Inside (source: google) |
Nah, last but not least di The Peak harus nyobain tram! Iconic banget, dan sensasi turun gunung dengan tram super cepat itu lohh (ada kalanya melambat sih bier gak jantungan..hehehe)!! Konon katanya, Tram ini railway tertua di dunia (maaf kalo salah)! Berhubung rail nya curam banget, bangunan-bangunan yang kita lewatipun seolah-olah condong banget, soalnya kecuramannya berkisar 4-27 derajat!
Karena kita naik tramnya pas pulang, jadi sensasi meluncur dari atas gunung dengan membelakangi itu cukup deg-degan juga awalnya (kalo turun dengan kecuraman dan kecepatan begitu dalam posisi badan hadap ke depan apa jadinya yah...haha). Sayangnya yang naik Peak Tram ini ramai banget, antrinya gak kalah-kalah naik wahana. Usahain awalan yah, bier keburu balik, mesti cari transportasi pulang lagi kan..hehehe
![]() |
| Source : Google |
Peak Tram (source: google)
Setelah turun dari tram, kemudian kita berjalan kaki menuju ke Victoria Park. Surganya orang Indonesia, men! hehehe
Kebetulan kita ke sananya hari Minggu, dimana para TKI/TKW diberi libur dan bebas pergi kemana aja dalam sehari itu. Biasanya mereka berkumpul di Victoria Park ini mungkin bertukar kabar, cerita dan pengalaman dengan orang se-negeri (sampe dibuat film-nya loh!). Kebanyakan mereka juga udah tinggal lama di HK, sampe fasih banget bahasa Cantonese (saya kagum!).
Pas touch down di VP, kita cari makan daerah itu dan minta tolong beberapa TKW (baca: temen baru dari Indonesia) rekomendasiin. Eh kebetulan dibawa ketempat langganannya, encik-encik yang jualan berasal dari Singkawang, KalBar.. Wah, yang beberapa waktu ini mandarin mulu, jadi swing ke Hakka deh! Di Victoria Park juga banyakan speak Bahasa Indonesia, karna para pedagang pun mostly dari Indonesia.
Dapat takjil lagi, karena bulan puasa. Berasa di Indonesia lagi dalam sekejap..Hehehehe
Trip di HK ended here?
Sebenarnya ada beberapa tempat yang dikunjungi, namun tidak semua yang direncanakan terlaksana ..hikss
Seperti Sky 100 (menikmati view HK dari gedung lantai 100 dengan lift yang akan membawa Anda hanya dalam waktu 60 detik! WOW!!!)
Dari hasil searching, Sky100 buka dari jam 10.00-21.00, pas sampe kira-kira hampir pukul 20.00 , ternyata sudah tutup kata petugasnya :'( syediiihh
Note : datanglah lebih awal sebelum pkl 19.00, dijadwal kita seharusnya sampai Gedung ini pkl 18.30, namun karena belum menguasai medan, maka 'mencari-cari' itu hal biyasahh... (namanya juga amatiran yakk) hahahha
Cuman sempat foto di depan counter aja hiksss
Untuk booking ticket SKy100 bisa check di:
https://www.tripadvisor.com.au/AttractionProductDetail-g294217-d12463996-Sky100_Hong_Kong_Observation_Deck_Admission_Ticket-Hong_Kong.html
Ladies Market and Temple Market, tempat perbelanjaan murah katanyaaaa (katanyaaa? ya katanyaa, karena gak keburu pergi juga hikss). Karena belum pergi, belum ada #kesanjalan nya deh .. hahaha
Ocean Park and Disney Land Hong Kong juga most visited place. Kisaran harga HTM Disney Land more or less Rp 950.000, kalo beruntung bisa dapat tiket promo 50% !
Kita berangkatnya di bulan Juni, dimana sedang musim hujan jadi terkendala juga perjalanan kita dari satu tempat ke tempat lain. Next, harus lebih bisa pantau cuaca juga ^o^
So far, #kesanjalan selama di HK sih pleasantly banget yah. Pertama, kotanya bersih dan cukup rapi, jadi gampang buat cari jalan dsbnya. Kedua, naik transportasi kemana-mana gampang, asal pedomannya bener, gak mungkin sesat deh. MTR jalurnya juga mudah dipahami. Ketiga, makanannya masih oke buat pecinta nasi seperti saya (masih mudah di dapat, kalo gak ada tukang nasi aku biasa lari ke 7-eleven..wkwkwk), untuk pecinta mie, you're on the right place, dude!
Oh ya, aku kasih referensi tempat lainnya yang mesti dikunjungi di HK :
cekidot -->
https://www.kkday.com/en/product/productlist/A01-005/Hong%20Kong%20and%20Macau
Transportasinya bagaimana? Untuk transportasi kemana-mana, cukup gunakan MTR atau bus, so comfortable di HK. Petunjuk jalan juga cukup jelas tersedia dalam bahasa Mandarin dan Inggris, hanya saja mesti teliti Exit nya dimana (salah exit means salah kereta)
Di dalam bus, tinggal tap atau tempelkan kartu octopus yang otomatis akan memotong saldo Anda (fee tergantung jauh dekat tujuan Anda). Terdapat monitor yang menunjukkan pemberhentian berikutnya di dalam bus, silahkan check and recheck serta itung-itung yah.
Mata uangnya?
Mata uang yang dipake yaitu Hongkong dollar alias HKD. 1 HKD = Rp 1.700 (cek sendiri ya updatenya)
Bahasa yang dipake?
Bahasa yang dipakai penduduk setempat yaitu Cantonese / Kanton, Inggris dan Mandarin bisa banget dipakai.
Perlu beli SIM CARD untuk koneksi internet?
Jika perlu silahkan dibeli, banyak dijual di bandara. Waktu itu kita dapat gratisan yang dibagiin dari salah satu provider untuk masa aktif beberapa hari, lumayann....hehehe
Tapi di HK di mana-mana ada free wifi, manfaatkan aja.
Penduduknya bagaimana?
Penduduknya sebenarnya ramah, cuman karena mereka adalah pekerja yang jam terbang tinggi (sangat menghargai waktu), kalo jalan seperti berkejar-kejar, jarang terlihat yang santai-santai, apalagi jam-jam orang berangkat kerja. Tapi kalo ada yang gak ngerti jangan segan bertanya.
Pengalaman lucunya kalo ke resto yang lagi rame, supaya dapat meja berdirilah disamping orang yang sedang makan :)) Kalo di Indonesia bisa diamukin yah, ini belajar dari sepupu yang emang orang HK sih, kalo gak katanya kita gak bakalan dapat tempat!! hahahahahaha
Demikian #KesanJalan selama 'mengembara' di Hong Kong, budget yang digunakan pun tidak terlalu besar sih asal gak belanja ala Syahrini (siapin lebih jika Anda bermaksud mencoba banyak tempat wisata seperti Disney Land, Madame Tussauds, dll). Hotel yang kita dapat berkisar Rp 500rb/malam, di Tsim Sha Tsui banyak penginapan harga standar begini. Oh ya, jangan kaget kalo hotel atau rumah-rumahnya kecil, di HK harga tanah sangat mahal, semua dibuat minimalis :)
Kalo budgetnya ok, tinggal ke The Peninsula Hong Kong atau Sheraton Hotel dsbnya. hehehehhe
*) Seluruh foto tanpa label sumber merupakan dokumen pribadi, pengambilan foto tanpa seizin penulis sangat tidak diperkenankan. Terima kasih :)
Teman-teman, silahkan tinggalkan komentar atau sharing-sharing pengalaman kalian juga boleh ^^ Thank You










Hai
ReplyDeleteHabis brp budget kira2 semua tuh? Oleh2 apa yg wajib beli di sana?
Tergantung lagi ya budget hotel dll mau yg spt apa. Kalo kmrn circular trip HK-Shenzhen-GuangZhou-Macau 9-10jt ud ckup.
DeleteOleh2 khas HK semcam snack2 aja, kebanyakan beli ginseng gt2, HK lbh sasaran belanja barang branded sih. ^^